Pada hari Sabtu, 20 Oktober 2018 bertempat di Graha Utama, Gedung A-Lantai 3, kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dilaksanakan Acara Seminar Nasional,  Peluncuran Buku dan Penghargaan Lomba Menulis Cagar Budaya. Acara ini diprakarsai oleh Perkumpulan Ahli Arkeologi Indonesia, dan  termasuk dalam rangkaian “Peringatan Hari Purbakala ke-105 Tahun (14 Juni 1913 – 14 Juni 2018).

Acara  dibuka oleh Dirjen Kebudayaan Dr. Hilmar Farid, yang secara resmi melakukan pelucuran buku yang berjudul “Warisan Budaya Maritim Nusantara”. Buku ini merupakan kumpulan tulisan para arkeolog yang tergabung dalam Perkumpulan Ahli Arkeologi Indonesia, dan kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Penghargaan Lomba Menulis Cagar Budaya.

Sebagai pamungkas acara, dilaksanakan kegiatan Seminar Nasional dengan tema “Permasalahan di Seputar Adaptasi Bangunan Cagar Budaya Perkantoran dan Solusi Pemanfaatan yang Berkelanjutan” menghadirkan para pembicara antara lain Dr. Junus Satrio Atmodjo, Ar. Endy Subijono, Ir. Dian Irawati Fauzi, MT dan Prof. Dr. Miranda S. Goeltom.

Sebagai organisasi yang menaruh kepedulian dan berkiprah di bidang pelestarian cagar budaya dan peninggalan bersejarah, khususnya cagar budaya dan aset bersejarah perkeretaapian Indonesia, Yayasan Kereta Anak Bangsa turut berpartisipasi menghadiri kegiatan tersebut. Gedung Lawang Sewu dan Menara Air di Balai Yasa Manggarai adalah termasuk aset bersejarah perkeretaapian yang dibahas pada seminar ini.

Yang Terkait

Previous Next
Close
Test Caption
Test Description goes like this