Notice: get_currentuserinfo is deprecated since version 4.5.0! Use wp_get_current_user() instead. in /home/keretaan/public_html/wp-includes/functions.php on line 4435

Di manakah Sinyal Kereta Api pada titik tertinggi di Indonesia? Ya, jawabannya adalah di Stasiun Cikajang. Karena di Indonesia, Cikajang adalah stasiun yang terletak di titik tertinggi di atas permukaan laut (dpl), yaitu 1.246 m dpl. Stasiun Cikajang terletak di jalur KA nonaktif Cibatu-Garut-Cikajang di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Karena sudah berstatus nonaktif selama lebih dari 30 tahun, maka baik bangunan stasiun maupun peralatan perkeretaapian lainnya di area tersebut pun dalam kondisi yang kurang terawat dan memprihatinkan, termasuk pula peralatan sinyal yang terletak menjelang masuk Stasiun Cikajang.

Berangkat dari kepedulian akan penyelamatan dan pelestarian aset perkeretaapian yang bernilai sejarah, terutama untuk aset yang kondisinya memprihatinkan, maka organisasi Indonesian Railway Preservation Society (IRPS) wilayah Bandung dan Kereta Anak Bangsa bersinergi untuk melakukan kegiatan “Mempercantik Sinyal Cikajang” – sinyal KA di titik tertinggi di Indonesia. Kondisi sinyal yang sebelumnya tidak terawat dipercantik kembali dengan cara membersihkan karat di bagian tiang dan atas sinyal, mengecat kembali bagian tiang dan lengan sinyal, menaikkan posisi lengan sinyal agar menjadi posisi terangkat (sinyal aman), memasang paving blockyang dilapis semen sebagai landasan sinyal serta juga pagar pembatas, serta diakhiri dengan pemasangan penanda keterangan aset sinyal tersebut.

Setelah 2 kali tahapan perawatan yaitu tanggal 15 April 2017 dan 11 Mei 2017, akhirnya Sinyal Cikajang telah kembali tampil tidak hanya terawat namun juga menawan dan kinclong. Kegiatan pelestarian aset ini mendapat dukungan penuh dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan Balai Teknik Perkeretaapian Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

[ngg_images source=”galleries” container_ids=”4″ display_type=”photocrati-nextgen_basic_thumbnails” override_thumbnail_settings=”0″ thumbnail_width=”240″ thumbnail_height=”160″ thumbnail_crop=”1″ images_per_page=”20″ number_of_columns=”0″ ajax_pagination=”0″ show_all_in_lightbox=”0″ use_imagebrowser_effect=”0″ show_slideshow_link=”1″ slideshow_link_text=”[Show slideshow]” order_by=”sortorder” order_direction=”ASC” returns=”included” maximum_entity_count=”500″]

Previous Next
Close
Test Caption
Test Description goes like this